Yuk, Kenali Beberapa Penyebab Munculnya Sariawan di Bibir!

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan asam, merokok, hingga kekurangan asupan nutrisi disinyalir menjadi pemicu munculnya sariawan di bibir. Meski sariawan bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi jika kondisinya parah terpaksa harus berobat ke dokter. Tentu saja, jika Anda terdaftar asuransi jiwa yang bisa dibeli di sini dan memiliki asuransi kesehatan mungkin tidak menjadi masalah karena Anda bisa memakainya saat berobat, tapi apabila tidak Anda tentu harus mengeluarkan uang sendiri untuk biaya berobat.

Untuk itu, supaya sariawan tidak muncul, yuk kenali beberapa penyebabnya di bawah ini, check it out:

1. Terlalu keras ketika menyikat gigi. Gusi Anda pastinya pernah terbentur ujung sikat gigi ketika menyikat gigi? Jika pernah, berhati-hatilah karena benturan tersebut bisa menyebabkan munculnya sariawan di bibir. Pasalnya, ketika Anda menyikat gigi terlalu keras ataupun bulu sikat gigi mulai kasar, maka dapat melukai gusi maupun permukaan dinding rongga mulut. Luka inilah yang pada akhirnya memunculkan sariawan di bibir. 

2. Tergigit tanpa sengaja. Bagian dalam pipi, bibir, lidah terkadang bisa tergigit ketika makan maupun bicara. Hal ini tentu bisa menyebabkan luka yang mana luka tersebut lama-kelamaan bisa berkembang menjadi sariawan. Selain tergigit, munculnya luka juga bisa disebabkan karena mulut tertusuk duri ikan, terkena alat makan, hingga tertusuk tusukan gigi.

3. Penggunaan kawat gigi. Siapa sangka, menggunakan kawat gigi ternyata bisa menjadi salah satu pemicu munculnya sariawan di mulut. Penyebabnya karena bagian tepi atau ujung dari kawat gigi tersebut menggesek bagian dalam pipi sehingga menimbulkan luka dan berujung sariawan. Tidak hanya kawat gigi, penggunaan gigi palsu yang salah juga bisa mengakibatknya sariawan karena itu jangan sampai salah pasang. 

4. Tidak menjaga kebersihan mulut. Terkadang, Anda mungkin malas untuk menggosok gigi di malam hari. Padahal, membiarkan gigi yang tidak digosok malah dapat memicu bersarangnya kuman dan menyebabkan infeksi, loh. Jika infeksi tersebut menimbulkan luka maupun peradangan pada rongga mulut, maka nantinya dapat memicu kemunculan sariawan yang memberikan sensasi tidak enak pada mulut. 

5. Perasaan stres dan cemas. Perasaan stres dan cemas yang seringkali dirasakan tanpa disadari ternyata bisa menyebabkan sariawan. Selain itu, beban fisik yang menimbulkan kelelahan juga bisa menjadi penyebab munculnya sariawan karena itulah jangan sampai stres berlarut-larut agar tidak diserang sariawan tersebut. 

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya sariawan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, meski sariawan bisa hilang dengan sendirinya tapi Anda bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan selalu menjaga kebersihan mulut, cukupi nutrisi harian, gunakan obat kumur alami, hindari stres, dan lain sebagainya. 


Belum ada Komentar untuk " Yuk, Kenali Beberapa Penyebab Munculnya Sariawan di Bibir!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel