Potensi dan Peluang Bisnis di kota Bandung


Potensi dan Peluang Bisnis

Bandung merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan berbagai baik untuk sentra industri dan perdagangan, kuliner, pariwisata dan juga bisnis properti. Salah satunya di Cibaduyut. Daerah ini merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat. Daerah ini merupakan daerah yang cukup terkenal sebagai pusat perbelanjaan di Bandung.
Potensi-potensi yang bisa dikembangkan di kota Bandung antara lain dilihat dari berbagai sektor:

1.      Sentra Perdagangan dan Industri

Banyak sekali potensi sumber daya ekonomi yang bisa dikembangkan di daerah ini. Salah satunya dalam bidang industri dan perdagangan. Banyak  yang berkembang bahkan bertaraf internasional di wilayah ini seperti industri sepatu. Sepatu-sepatu yang dihasilkan terbuat dari bahan berkualitas seperti kulit dan desainnya yang unik.

Ini menunjukkan adanya suatu keunggulan dimana produk lokal bisa bersaing dengan produk internasional bahkan sama kualitasnya. Banyak pihak yang bekerjasama untuk membantu pengembangan sentra industri ini. Melalui Binakarya Propertindo Group dan Istana Group merancang program khusus yang berupa apartemen sekaligus pusat perbelanjaan. Golden Gateway namanya.

Golden Gateway ini berada di jantung kota yang memungkinkan untuk bisa terus berkembang dan menjadi salah satu daerah berpotensi besar untuk menopang perekonomian rakyat. Tidak hanya letaknya yang strategis, melainkan juga banyak sekali peluang bisnis yang bisa dikembangkan.
Patung sepatu yang menunjukkan sebagai ikon wilayah ini yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Leuwipanjang dan Jalan Cibaduyut, di sepanjang jalan trotoar berdiri toko-toko yang menjual sepatu. Arus perdagangan disini memang sangat ramai dan sebagai pusat perbelanjaan bagi wisatawan yang berlibur di Bandung.

Munculnya bisnis sepatu tentu tidak lepas dari daya kreativitas para pengrajin sepatu. Salah satu pengrajin muda yang memiliki brand sepatu lokal, Brodo ini bernama Yukka Harlanda. Seorang entrepreneur muda yang menginspiratif asal Jakarta yang meneruskan pendidikan di Institut Teknologi Bandung serta merintis bisnisnya di daerah ini.

Hal tersebut menunjukkan bahwa karya anak bangsapun menjadi sesuatu yang patut untuk ditiru dan didukung demi kemajuan. Daya kreatif dari para entrepreneur muda akan membangkitkan semangat yang pantas untuk dihargai. Dimana mereka tidak hanya sebagai konsumen melainkan harus bisa menjadi seorang produsen agar lebih produktif. Serta sebagai generasi muda yang berkemajuan.

Daerah Bandung memang terkenal dengan sentra industri dan perdagangan, selain wilayah tadi ada juga empat wilayah lain yang mengembangkan ekonomi kreatif, seperti di wilayah Cigondewah yang difokuskan untuk industri kain. Kain-kain yang ada memiliki kualitas yang tidak biasa. Oleh karena itu, daerah ini menjadi penyuplai kain terbesar.

Selain itu juga di Cihampelas sebagai sentra jeans, Kaos dan Sablon di wilayah PHH. Mustofa serta industri rajut di wilayah Binong Jati. Inilah potensi-potensi yang sangat menguntungkan di wilayah Bandung. Dengan begitu tidak heran jika banyak dari kita yang berkunjung ke Bandung acap kali sebagai ajang untuk berbelanja. Selain harganya yang terjangkau juga kualitas yang didapat bertaraf internasional. Maka oleh karena itu, kota ini memang pantas dijuluki sebagai Paris Van Java.

2.      Sektor Kuliner Bandung

Tidak hanya industri perdagangan di Bandung, potensi lain juga didapat melalui sektor kuliner Bandung yang khas dan melegenda. Banyak sekali kuliner yang bisa Anda dapatkan di Kota ini. Seperti Sate Kambing Muda, Buskud, Gorolong, Tahu Gejrot, Seblak, Bakso Tahu dan yang paling terkenal adalah Peuyeum.

Hampir wisatawan yang datang ke Bandung, oleh-oleh yang dicari adalah peuyeum baik singkong ataupun ketan. Sebagai kota sate, tentu sudah tidak asing lagi dengan museum sate yang saat ini dijadikan gedung pemerintahan. Seblak juga menjadi kuliner yang banyak diminati. Bahkan sampai saat ini sudah menyebar di seluruh Indonesia.
Oleh karena kuliner yang beraneka ragam, maka berdiri pula beberapa restoran makanan besar di kota Bandung yang menyajikan makanan khasnya. Ini juga menjadi potensi yang cukup menguntungkan untuk menambah peluang bisnis.

3.      Sektor Pariwisata dan Budaya Bandung

Sebagai kota Kembang, Bandung juga memiliki potensi dalam bidang pariwisata. Banyak cerita legenda yang hadir mewarnai kota ini. Salah satunya adalah wisata alamnya. Beberapa wisata alam yang ada di Bandung antara lain adalah Tangkuban Perahu yang terdapat beberapa kawah yang cukup populer seperti kawah ratu. Dan legenda terciptanya tangkuban perahu oleh Sangkuriang.
Kemudian kebun teh Pangalengan, Stone Garden cocok untuk penikmat senja, Situ Cileunca, Tebing Masigit Padalarang, Floating Market Lembang dan masih banyak yang lainnya. Dengan berdirinya beberapa pusat wisata menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin menghabiskan waktu libur.
Tidak hanya wisatanya, tetapi juga budayanya. Daerah pasundaan ini memiliki beberapa kebudayaan sebagai warisan yang harus terus dilestarikan. Seperti Barongsai, Benjang, Cianjur, Degung, Saung Angklung Udjo, Wayang Golek dan lain sebagainya. Beberapa alat musik tradisional seperti Angklung, Calung, Celempungan juga menjadi daya tarik tersendiri.

4.      Sektor Poperti

Luas daerah Bandung yang mencapai 167,31 km persegi ini cukup padat penduduk. Karena berbagai potensi yang ada juga menjadi peluang besar terutama untuk bisnis properti. Bisnis ini merupakan bisnis masa depan yang sangat menguntungkan. Banyak sekali kerajaan bisnis yang merancang berbagai bisnis properti.

Beberapa kegiatan bisnis properti yang sangat menguntungkan di Bandung seperti jual beli tanah dan bangunan. Kita tahu bahwa semakin tahun, harga tanah dan juga bangunan semakin tinggi. Inilah yang menjadi faktor pendorong bisnis ini. Selain itu banyak pula bisnis properti yang dikembangkan dalam berbagai bentuk dan manfaat.

Ada pula kontraktor bangunan dan rumah serta konsultan bangunan. Dengan begitu, value atau nilainya akan semakin bertambah. Perumahan, apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan beberapa universitas di Bandung yang sangat terkenal. Hadirnya pusat pendidikan seperti Institut Teknologi Bandung dan Universitas Perguruan Indonesia juga mendorong adanya bisnis properti.
Inilah beberapa potensi yang bisa dikembangkan sebagai peluang besar untuk mendongkrak perekonomian rakyat. Berbicara mengenai properti ada beberapa apartemen dijual di Cibaduyut. Mengingat daerah tersebut merupakan sentra industri sepatu yang sangat terkenal bahkan berdaya saing internasional.

Belum ada Komentar untuk "Potensi dan Peluang Bisnis di kota Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel