Inilah Macam-macam Tes Buta Warna yang Harus Anda Ketahui



Inilah Macam-macam Tes Buta Warna yang Harus Anda Ketahui


Melakukan tes buta warna sejak dini ternyata memberikan manfaat yang sangat penting bagi hidup Anda kedepannya. Buta warna adalah salah satu jenis gangguan yang terjadi pada penglihatan manusia. Bagi penderita buta warna, penglihatan tidak mampu mendeteksi warna secara jelas dan akurat dari apa yang dilihat. Oleh sebab itu, mereka tidak bisa membedakan pada beberapa jumlah warna. Warna-warna tersebut antara lain merah, jingga, biru ataupun ungu. Buta warna tersebut biasa disebut dengan buta warna parsial.

Selain jenis buta warna parsial, tentu juga ada buta warna total, yaitu merupakan salah satu kondisi yang menunjukkan bahwa mata tidak bisa membedakan dan menjelaskan secara keseluruhan jenis warna. Dalam kondisi seperti ini penderita buta warna total akan melihat keseluruhan benda atau objek yang dilihat hanya berupa monokrom. Keadaan ini tentunya akan sangat mengganggu bagi semua orang apabila menderita penyakit buta warna. Efek menderita buta warna juga sangat terasa yaitu saat Anda mengikuti tes untuk masuk sekolah kedinasan atau tes menjadi calon pegawai sebuah perusahaan, terkadang pihak perusahaan dan sekolah tersebut tidak mau menerima calon karyawan atau calon siswa yang menderita penyakit buta warna.

Ada berbagai hal yang menyebabkan seseorang menderita buta warna, yaitu bisa disebabkan oleh faktor generik, namun ada juga yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada saraf optic, terkena paparan zat kimia yang berlebihan, faktor penuaan, bisa juga disebabkan oleh katarak dan ada masalah pada bagian otak yang bertugas mendeteksi warna mengalami kerusakan sehingga tidak bisa mengenali warna.

Apabila saat ini Anda ingin mengetahui bagaimana kondisi mata Anda, ada beberapa tes buta warna yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah jenisnya:

  • Anomaloscope
Tes yang dilakukan dengan alat yang menyerupai mikroskop. Tes ini hanya dapat mendeteksi buta warna parsial yaitu warna merah dan hijau.

  • Ishihara
Adalah salah satu tes yang paling sering digunakan. Apabila mata normal maka mata akan dapat melihat dengan jelas huruf atau gambar secara tersembunyi yang digunakan sebagai media tes. Dilakukan untuk mendeteksi buta warna parsial yaitu warna hijau dan merah.

  • Farnsworth-Munsell
Tes yang dilakukan untuk menganalisis apakah pasien yang melakukan tes dapat menyadari terjadinya perubahan warna meski sangat tipis. Menggunakan media gambar lingkaran serta sejumlah gradiasi warna.

  • Penyusunan
Yaitu tes dilakukan dengan cara menyusun objek tertentu yang terdiri dari banyak susunan gradiasi warna yang berbeda.

  • Cambridge
Hampir serupa dengan Ishihara, namun tes ini menggunakan komputer sebagai medium. Tes ini hanya berfokus pada satu jenis huruf yakni C.

Di atas adalah beberapa tes yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda menderita buta warna atau tidak. Mata adalah salah satu organ terpenting yang memiliki fungsi sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, jagalah kesehatan mata Anda dengan baik sehingga mata akan tetap berfungsi dengan baik meski umur sudah tidak muda lagi. Masalah yang dihadapi oleh sebagian orang adalah semakin bertambah umur penglihatan biasanya semakin menurun.

Melakukan tes buta warna juga memiliki banyak manfaat untuk Anda. Salah satunya adalah Anda dapat mengetahui kesehatan mata Anda dengan jelas. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin ke tenaga medis untuk tetap menjaga kesehatan mata Anda. Hal terpenting lainnya, jangan sembarangan menggunakan peralatan yang dapat merusak kesehatan mata seperti soft lens apabila Anda kurang begitu paham bagaimana cara aman dalam menggunakannya.


Belum ada Komentar untuk "Inilah Macam-macam Tes Buta Warna yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel